Cara mencegah step pada anak


Cara mencegah step pada anak melalui pencegahan dan mengetahui penyebabnya, cara mencegah step pada anak yang perlu dilakukan agar tidak berdampak buruk bagi anak. Step pada anak atau kejang yang diakibatkan dari menurunnya daya tahan tubuh anak terhadap gangguan kesehatan seperti demam sering kali ditemukan. Step ini biasanya muncul dikarenakan kondisi demam yang tinggi yang diakibatkan dari berkurangnya sistem kekebalan tubuh atau daya tahan tubuh si anak terhadap penyakit.

Penyakit yang rawan mengalami step pada anak biasanya terjadi jika anak terserang influenza, radang tenggorokan, flu, diare, muntaber, bahkan dapat pula step ini muncul karena faktor perubahan cuaca yang tergolong ekstrem. Munculnya step ini biasanya dibarengi dengan kejang pada otot, munculnya kejang dan demam ini biasa disebut sebagai kejang demam. Kejang ataupun step biasanya terjadi disaat suhu tubuh anak mencapai 39⁰C jika suhu tubuh anak mencapai angka tersebut maka anak menjadi rentan mengalami step.

Tindakan yang perlu dilakukan untuk menghindari step pada anak ini adalah dengan memberikan pertolongan pertama jika suhu tubuh anak mulai tinggi untuk mencegah munculnya step.
Berikanlah obat penurun panas untuk anak agar tentunya demam atau panas yang tinggi lekas turun. Kompres menggunakan air hangat jangan air dingin, mengompres dengan menggunakan air dingin akan lebih cepat memicu otot mengalami kejang karena perbedaan suhu. Untuk menghindari gigi yang akan terkatup rapat ketika step sebaiknya gunakan alat yang mampu menahan agar gigi anak tidak terkunci untuk memudahkan nantinya dalam pemberian obat. Posisikan tubuh anak dalam kondisi miring agar jika terjadi muntah tidak tertelan kembali sehingga mengganggu pernapasan si anak.

Untuk mencegah step pada anak selain menggunakan cara diatas dapat pula dengan memberikan kopi dipagi hari dengan takaran yang sedikit saja pada anak. Selalu waspada terhadap suhu tubuh sianak terlebih lagi jika anak termasuk yang sering mengalami step ataupun kejang ketika demam. Sediakanlah obat-obatan terutama obat penurun panas dan hindari si anak dari bahaya gangguan kesehatan yang mengarah pada demam yang menyebabkan step.


 

Most Reading