Cara Mengatasi Diare Pada Anak


Cara mengatasi diare pada anak dengan lebih sigap agar diare cepat tertanggulangi, dengan melakukan cara mengatasi diare pada anak melalui cara tepat tentunya akan terhindar dari masalah yang ditimbulkan dari diare. Anak anda menderita diare? Segera hentikan, jangan biarkan terus berlanjut, karena diare dapat menyebabkan malnutrisi, dehidrasi bahkan kematian. Diare biasa terjadi pada musim penghujan , terlebih di Indonesia dimana masalah diare masih menjadi salah satu masalah utama kesehatan. Penyakit diare disebabkan oleh berbagai macam hal, namun penyebab utama diare di Indonesia adalah karena terkontaminasinya makanan dan minuman oleh kuman penyebab diare, kuman tersebut dapat berasal dari tinja penderita diareatau kotoran lainnya yang disebarkan secara langsung oleh penderita yang kurang hygienis atau secara tidak langsung melalui hewan perantara seperti lalat.

Tanda-tanda diare
Sebenarnya kapan sih seorang anak bisa dikatakan terkena diare? pada umumnya seorang anak dapat dikatakan terkena diare apabila melakukan BAB dalam bentuk cair, dengan frekuensi yang melebihi normal dan mengalami sakit atau kejang perut. Pada beberapa kasus, gejala diare juga disertai dengan demam dan muntah. Diare yang terlalu berlebihan menyebabkan anak kekurangan cairan tubuh yang dapat mengakibatkan kematian terutama pada bayi dan balita.

Pertolongan Pertama Pada Diare
Untuk mengatasi diare supaya tidak menimbulkan efek lebih lanjut, maka pertolongan pertama yang dapat diberikan adalah dengan cara memberikan larutan gula garam, baik dalam kemasan yang dijual bebas atau mencampurkan 1 sendok teh gula pasir dan seujung sendok teh garam halus pada segelas air putih. Selain itu dapat juga diberikan kuah sayuran atau air tajin. Hal terpenting lainnya adalah bagi anak yang menderita diare harus tetap diberikan makan yang cukup untuk memperkecil kemungkinan terjadinya malnutrisi.
Apabila anak masih terus BAB dengan frekuensi yang sama atau bahkan meningkat, sebaiknya anak harus segera dibawa kerumah sakit agar dapat perawatan lebih lanjut. 

Dengan mengetahui gejala awal yang ditimbulkan oleh penyakit diare pada anak sebaiknya kita dapat lebih sigap lagi agar dapat melakukan langkah-langkah pencegahan penyakit diare ini tidak berkelanjutan.


 

Most Reading