Cara Mengatasi Alergi Pada Bayi

Cara mengatasi alergi pada bayi dengan mudah dan sederhana, cara mengatasi alergi pada bayi dengan selalu memperhatikan keadaan dan menjaga kebersihan pada tempat dimana bayi anda berada atau disekitar ruangan bayi anda. Alergi pada bayi anda dapat muncul tanpa diketahui sebab pastinya, namun anda dapat mengatasi alergi pada bayi agar bayi tidak terganggu dan selalu merasa nyaman.

Alergi dapat muncul dikarenakan faktor keturunan, cara paling aman untuk mengatasi alergi pada bayi adalah dengan mengetahui apakah kedua orang tua bayi tersebut memiliki laergi terhadap sesuatu. Jika ya, maka cara mengatasinya pastilah tidak terlalu sulit. Anda cukup menghindari apa yang menjadi penyebab munculnya alergi.

Cara mengatasi alergi pada bayi tentunya menjadi sulit dikarenakan tidak dapat diketahui dengan pasti apa yang menjadi penyebab munculnya alergi tersebut. Vaksin ataupun obat-obatan untuk mengatasi alergi ini juga belum tersedia, namun anda dapat mencegah munculnya alergi pada bayi dengan memperhatikan beberapa hal yang dapat menimbulkan alergi pada bayi.

Hentikan konsumsi obat-obatan pada ibu menyusui, alergi dapat muncul melalui obat-obatan. Jika si ibu yang menyusui sedang mengkonsumsi obat lalu muncul alergi pada bayi, maka ada kemungkinan bayi tersebut mengalami alergi terhadap jenis obat yang dikonsumsi oleh si ibu. Obat-obatan juga berpengaruh terhadap hasil dari ASI yang diberikan.

Gunakan pelapis pada tempat dimana bayi anda tidur, anda dapat melapisi atau memberikan perlak dari bahan yang bukan kain. Untuk menghindari munculnya ngengat ataupun jamur sebaiknya gunakan alas tidur pada bayi anda dengan menggunakan perlak yang bukan kain. Bersihkan sprei, bed cover dan sarung bantal bayi secara teratur untuk menghindari pertumbuhan jamur maupun kutu pada tempat tidur bayi. 

Hindari barang-barang yang dapat menyimpan debu disekitar bayi anda, mainan bayi ataupun boneka yang terbuat dari bahan berbulu ataupun kain rentan sekali terhadap debu. Alergi dapat muncul dengan terdapatnya banyak debu disekitar bayi anda, selalu bersihkan atau hindari barang-barang yang dapat menyimpan debu ini. Jika terdapat karpet, sebaiknya anda selalu rajin membersihkannya dari kotoran maupun debu.

Bersihkan lantai dengan kain pel dan gunakan cairan untuk mengepel lantai yang memiliki kandungan anti bakteri. Hal ini bertujuan agar bakteri penyebab alergi tidak dapat berkembang biak. 

Berikan ventilasi yang cukup pada daerah dimana bayi anda berada, sirkulasi udara yang cukup tentunya tidak menyebabkan kelembaban yang tinggi. Kelembaban suhu ruangan menjadi cepatnya bakteri berkembang biak, bagi anda yang menggunakan penyejuk udara sebaiknya gunakan penyejuk udara yang mampu membunuh bakteri agar tidak berkembang  biak.

Jangan sekali-kali memberikan obat anti alergi pada bayi anda, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter anak agar tetap terawasi penggunaan obat pada bayi.

Demikianlah beberapa langkah mudah yang perlu anda lakukan sebagai cara mengatasi alergi pada bayi. Selalu menjaga kebersihan disekitar bayi anda berada menjadi kunci utama agar bayi anda terlindungi dari bakteri penyebab alergi.

 

Most Reading