Cara Merawat Gigi Anak Sejak Dini


Cara merawat kesehatan gigi anak harus dimulai sejak dini, dengan mengetahui cara merawat gigi anak sejak dini dapat diharapkan pertumbuhan kesehatan khususnya pada anak akan tetap terjaga dengan memberitahukan tentang bagaimana cara merawat gigi yang baik dan benar. Disamping itu juga melalui cara merawat gigi anak sejak dini mampu menanamkan rasa menjaga kesehatan gigi pada khususnya dan menjaga kesehatan tubuh pada umumnya.

Pertumbuhan dan perkembangan gigi anak dimulai sejak awal kehamilan (prenatal) ibu, dan terus berlangsung setelah kelahiran (postnatal). Fluor disebut-sebut sebagai zat yang sangat mempengaruhi perkembangan gigi anak. Biasanya penambahan fluor pada ibu hamil diberikan setelah trimester kedua kehamilan untuk mencegah masalah karies gigi sulung. Karena bila fluor ini di berikan pada trimester ketiga, maka efeknya kurang begitu berpengaruh. Penelitian menunjukkan kalau pemberian tablet fluor pada ibu hamil dapat menurunkan karies sampai 97%. 

Karies (gigi berlubang) memang banyak dialami anak-anak. Bahkan hampir sembilan dari sepuluh anak menderita karies dengan tujuh dari 20 gigi yang rusak. Untuk itu penting menerapkan perawatan kesehatan anak sedidi mungkin. Salah satunya dengan membatasi anak mengonsumsi makanan yang manis-manis. Namun jangan salah kaprah, dengan melarang anak makan makanan yang manis-manis. Sebaiknya ajarkan anak bahwa sesekali makan makanan yang manis dan bergula seperti cokies atau permen bisa menjadi bagian dari pola makan yang sehat. Ingatkan kalau berlebihan itu tidak baik. Hindari juga menyimpan persediaan makanan manis di dalam kulkas. Ganti dengan kismis, buah-buahan segar, yogurt buah, cracker yang tidak manis, roti tawar gandum, atau susu pasteurisasi. Jangan lupa untuk mengajarkan anak bagaimana merawat giginya dengan baik dan benar. 

Agar gigi anak tidak bermasalah, perawatan sejak dini memang yang terbaik dilakukan. lebih bagus lagi kalau anak mampu melakukannya sendiri. 
Berikut tips yang bisa anda lakukan:
*Ajarkan anak cara menyikat gigi dengan baik dan benar. 
*Hilangkan kebiasaan-kebiasaan buruknya seperti kebiasaan mengisap jari. 
*Bataanak makan makanan yang manis-manis. 
*Biasakan anak untuk menyikat giginya setelah makan dan sebelum tidur malam.      

Demikian tips agar gigi anak sehat dan terawat semoga bunda bisa mencobanya dirumah selamat mencoba bunda. 


 

Most Reading