Cara menghilangkan jerawat pada bayi


Cara menghilangkan jerawat pada bayi, bukan cuma remaja, bayi baru lahir pun jerawatan. Cara menghilangkan jerawat pada bayi walaupun jerawat tersebut konon bisa hilang sendiri namun tak ada salahnya jika kita mengetahui cara menghilangkan jerawat pada bayi tersebut. Tak perlu bingung dengan wajah sikecil yang jerawatan bak remaja ini. Kondisi ini biasanya nulai muncul oada bayi usia 2-3 minggu. Bedanya dengan jerawat remaja, jerawat pada bayi ini akan menghilang dengan sendirinya.

Jerawat pada bayi baru lahir, atau sering disebut newbron acne, terjadi karena rangsangan hormon ibu disaat hamil (yang masuk ke plasenta melalui darah ibu) pada kelenjar minyak janin. Akibatnya, jumlah dan produksi kelenjar minyak sampai bayi lahir jadi berlebihan. Bila dalam jumlah yang wajar, kelenjar minyak berfungsi menjaga jaringan kulit bayi agar tetap halus dan kenyal. Selain jumlahnya berlebihan, saat minyak akan keluar, ia terhambat oleh adanya sel-sel mati di pori-pori. Kedua unsur tersebut menyebabkan pori-pori tersumbat, dan timbulah jerawat pada kulit bayi.

Seperti halnya orang dewasa, jerawat ini cendrung muncul di daerah wajah, seperti pipi, dagu, dahi, punggung, dada, dan leher. Bentuknya pun bisa blackhead (komedo yang terlihat seperti tonjolan dengan bintik hitam di puncaknya), dan bisa juga whitehead (benjolan dengan bintik putih didalamnya). Ada juga jerawat yang disebut dengan infantile acne, yaitu jerawat yang muncul pada bayi usia 3 bulan ke atas. Penyebabnya bukan karena rangsangan hormon si ibu, tapi sampai sekarang belum diketahui secara pasti. Kabar baiknya, sama dengan newborn acne, jerawat model ini juga akan menghilang dengan sendirinya.

Bila diamati kasus ini lebih banyak menimpa anak laki-laki ketimbang anak perempuan. Belum diketahui apa penyebabnya, namun diduga karena laki-laki memiliki jumlah kelenjar minyak lebih banyak dari perempuan. Untungnya, jerawat ini akan menghilang dengan sendirinya dalam jangka waktu 2-3 bulan berikutnya. Penyebabnya munculnya jerawat pada bayi antara lain karena efek hormon si ibu mulai menghilang, dan kulit bayi semakin matang. Yang penting anda lakukan adalah:

• Tetap bersihkan wajah si kecil dengan air hangat dan sabun bayi
• Bila membersihkan wajahnya, gunakan handuk yang lembut dan jangan digosok keras-keras.
• Tidak usah melakukan hal apapun terhadap jerawat ini,seperti memencet-mencet isi jerawat agar keluar, atau mengoleskan obat jerawat. Salah-salah bisa terjadi iritasi pada kulitnya.
• Jika air susu mengenai wajahnya, bersihkan segera dengan kaps dan air hangat.

Nah, kini anda tidak bingung lagikan? semoga bunda bisa mengikuti cara menghilangkan jerawat pada bayi di tips ibu dan balita kali ini.

 

Most Reading