Cara Mencegah Biang Keringat Pada Bayi

Cara mencegah biang keringat pada bayi yang perlu anda perhatikan agar bayi merasa nyaman, cara mencegah biang keringat pada bayi melalui perawatan khusus yang mudah dan sederhana agar bayi terhindar dari masalah biang keringat yang mengganggu. Ah, kasihan sikecil …kulitnya yang semula mulus, kini muncul bintil-bintil merah. ia jadi rewel akibat rasa gatal yang menyiksanya.gangguan kulit yang disebut biang keringat(mililaria rubra)atau keringat buntet ini memang bisa mengganggu bayi dan anak indonesia yang beriklim tropis.meski sering dianggap sepele biang keringat sangat mengganggu penampilan maupun kenyamanan sikecil.

Biasanya, bayi berkeringat bila udara panas. Kelembaban udara kurang, atau saat ia menderita demam. Normalnya, butiran keringat bisa keluar melalui pori-pori kulit. Karena penyebab yang belum diketahui, kulit ari bayi yang mestinya selalu berganti, menjadi tidak berganti.

Kulit ari yang tidak berganti itu menyumbat pengeluaran keringat, sehingga terjadi penumpukan keringat. Akibatnya, terjadi kerusakan pada kelenjar keringat, dan munculah si biang keringat. Jadi, keringat yang seharusnya keluar malah mengunedap di dalam kulit ari, sehingga kulit ari mengembang selanjutnya, timbulah bintil-bintil atau lepuhan merah kecil yang terasa gatal.yang melegakan,biang keringat bukanlah gangguan kulit yang serius,dan akan menghilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Walau sepele, sebaiknya anda tetap perlu waspada. Perlu diingat, timbulnya biang keringat adalah tanda sikecil sedang kepanasan. Lagipula ia akan terganggu oleh rasa gatal yang ditimbulkannya. Untuk mengatasinya oleskan losion caladine atau bedak tabur. Tapi pastikan dulu kulit sikecil benar-benar dalam keadaan kering (tidak sedang berkeringat). Kalau dalam waktu 3 hari biang keringat tidak hilang juga atau makin bertambah, cepat segera bawa sikecil ke dokter. Anda ingin memperkecil resiko si kecil mengalami biang keringat? coba saja tips berikut:

• Biasakanlah mandikan si bayi dua kali sehari agar tetap terjaga kelembaban kulitnya.
• Pakaikan baju yang berbahan katun tipis yang mampu menyerap keringat dengan baik,    hindari penggunaan baju yang tebal karena dapat menyebabkan keringat lebih banyak    keluar.
• Bila bayi mulai berkeringat sebaiknya segera mengelap keringat yang muncul tersebut    dengan menggunakan handuk atau kain lembut yang terlebih dahulu anda basahi, lalu    keringkan kembali dengan menggunakan kain lembut yang kering.
• Usahakan mengganti baju sesering mungkin terlebih jika baju yang dikenakan sebelumnya    telah terserap keringat.
• Usahakan sirkulasi pada rumah ataupun ruangan bayi anda memiliki aliran udara yang    cukup agar kondisi ruangan tetap sejuk, anda juga dapat menambahkan penyejuk udara    sebagai pembantu sirkulasi udara agar lebih lancar lagi.

Demikian cara mencegah biang keringat muncul pada bayi agar bayi tetap merasa nyamab dalam beraktifitas sehari-hari dan tentunya akan menghindari bayi menjadi rewel karena rasa gatal yang ditimbulkan oleh biang keringat ini.

 

Most Reading