Cara Mudah Merawat Bayi


Cara mudah merawat bayi bagi anda ibu muda yang baru saja memiliki buah hati, dengan mengetahui cara mudah merawat bayi tentunya anda tidak melakukan hal yang tidak semestinya anda lakukan terhadap bayi anda. Dengan mengetahui perawatan terhadap bayi tentunya bayi merasa aman dan nyaman dan terhindar dari bayi rewel setiap hari.

Merawat bayi mungil jadi menyenangkan kalau anda tahu trik praktisnya !
Belum punya pengalaman merawat bayi memang membuat bunda baru jadi serba salah. Bukan hanya repot sendiri, bayi pun rewel karena ”ikut merasakan “ situasi tak nyaman itu. Buntut-buntutnya, Anda dan bayi sama-sama sters. Supaya tidak stres terus. Bunda punya tips praktis merawat bayi Anda. berikut tipsnya: 

Tubuhnya Masih Menggigil, walaupun dimandikan dengan air hangat. 
*Pastikan ruangan cukup hangat dan suhu air mandi sekitar 38°C. Cek dengan mencelupkan siku ke dalam air. 
*Periksa pintu dan jendela, pastikan sudah tertutup sempurna, karena sedikit saja ada angin masuk kamar, bisa membuat tubuh sikecil yang basah jadi menggigil. 
*Segera bungkus bayi dengan handuk begitu diangkat dari air, untuk menghangatkan tubuhnya. 

Ada cairan putih ditali pusat yang masih basah. 
Tak membutuhkan penanganan khusus, pastikan saja tali pusat tidak berbau. caranya setelah bayi dimandikan bungkus tali pusat dengan kain kasa yang dibasahi alkohol 70%. Jangan taburi apapun, baik antibiotika atau bedak. Kedokter bila kulit sekitar tali pusat menjadi merah, bengkak atau tampak berdarah. 

Sering menangis atau rewel di malam hari. 
*Karena lapar: beri minum atau susui menjelang tidur malam agar ia kenyang dalam jangka waktu lama. 
*Karena buang air : segera ganti popoknya dan bersihkan seputar alat genetalianya sampai bersih dengan kapas, kemudian keringkan dengan lap kering. 
*Karena baju basah akibat keringat : bersihkan tubuhnya dengan waslap, keringkan, dan ganti dengan baju yang menyerap keringat. 
*Karena telapak tangan atau kakinya dingin :  Pakaikan kaos kaki dan selimuti agar si kecil tetap hangat. Untuk bayi usia 2-3 bulan dapat dibedong dengan selimut bayi. perhatikan suhu ruangan. AC kamar harus bersuhu antara 25-27’c. 
*Karena terganggu :  nina bobokan ‘dengan bersenandung atau memutarkan lagu berirama tenang sambil mengayun-ayun atau mengelus-elus punggung atau dahinya. Atau redupkan lampu kamar, serta usahakan ruangan cukup hangat dan tidak pengap. Ada bayi yang merasa nyaman dengan suara-suara mesin, seperti generator atau mesin air yang berbunyi terus-menerus. 
*Karena kolik :  dengan tangis terus-menerus dan melengking seperti kesakitan, ia menderita kolik. Gendong bayi dalam posisi rebah di dada anda dan elus-elus atau tepuk-tepuk punggungnya. Kadang-kadang gerakan teratur ketika kita melangkah sambil menggendongnya, membuat si kecil merasa nyaman dan tertidur kembali. 

Bayi sering cegukan
Terus-terusan sampai 5-10 menit sehingga ia kelelahan. Cegukan terjadi karena kontraksi mendadak otot diafragma. Segera susui caranya susui ia untuk mengurangi frekuensi cegukan. Pastikan kepala bayi tegak saat menyusu. Setelah selesai, letakkan bayi memanjang menempel bahu kanan atau kiri dan sendawakan. 

Matanya lengket…
*Caranya :  Bersihkan matanya dengan kapas yang dibasahi air matang dari arah hidung ke telinga. Gunakan satu kapas untuk sekali pembersihan.  Ke dokter bila terlihat ada cairan kuning dan sangat lengket. 

Kukunya mulai panjang…
Kuku lebih mudah dipoting sehabis dimandikan. Minta bantuan seseorang untuk mengajaknya bicara. Sementara anda memotong kukunya. Atau, tunggu sampai si kecil tertidur, karena dalam kondisi tidur ia tidak banyak bergerak, sehingga kita lebih mudah meluruskan jari mungilnya(yang biasanya digenggamnya). Gunakan gunting kuku khusus untuk bayi. 

Mulai suka mencakar dirinya. 
Jika belum sempat memotong kukunya, pakaikan kaus tangan bayi. Atau gunakan kaus kakinya sebagai kaus tangan . Kaus kaki biasanya tidak mudah terlepas dari tangannya. Alihkan perhatian bayi dengan mainan yang berbunyi yang dijahitkan di kaus tangannya, sehingga ia asyik bermain. 

Giginya mulai tumbuh
Bayi menjadi malas makan, lebih rewel di malam hari karena gusinya sakit dan mengeluarkan banyak air liur. 
*Jika demam, beri obat penurun panas. 
*Beri mainan yang dapat digigit-gigit. 
*Lakukan sentuhan (pijatan ringan) didaerah rahang mulut agar bayi lebih nyaman. 

Mulutnya berbau kurang sedap. 
Bisa jadi karena ia mulai sering ngiler akibat giginya yang tumbuh.  Agar kesehatan gigi dan mulutnya terjaga setiap kali habis makan atau minum susu, bersihkan mulutnya dengan sikat khusus. Atau dengan kain kassa basah yang dicelupkan ke air matang, kemudian dibungkuskan ke jari lalu gosokan ke geliginya. 

Ada bekas ‘merah-merah’diseputar mulut dan pipi. 
Kemungkinan karena bekas tetesan air susu. Segera setelah menyusui, bersihkan seputar mulut dan pipi bayi dari bekas-bekas susu dengan air bersih dan lap agar kering. TIDAK Menaburkan bedak di atas kulit yang kemerahan, karena membuat kulit kering, bahkan bisa menyebabkan kulit tersebut jadi gatal. 

Hidungnya tersumbat. 
Gunakan krim penghangat khusus untuk bayi. Oleskan ke dadanya, namun bila kulit bayi sangat sensitif, oleskan krim di bagian luar kaus dalamnya sehingga tidak langsung kekulit. 

 

Most Reading