Cara merawat rambut bayi tetap sehat dan wangi

Cara merawat rambut bayi tetap sehat dan wangi dengan memperhatikan tentang bagaimana merawat rambut bayi, cara merawat rambut bayi tetap sehat dan wangi dengan mudah dapat anda lakukan dalam melakukan perawatan sehari-hari terhadap bayi anda.


Aroma khas bayi membuat kita ingin selalu membelai dan mencium kepala sikecil, yuk kita rawat rambutnya sejak dini. perawatan rambut utama yang dilakukan sejak bayi baru lahir adalah mencuci rambut. Kebiasaan ini bukan hanya membuat rambutnya bersih, tapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut, serta kulit kepala si kecil. 



Apakah mencuci rambut bayi baru lahir akan membuatnya masuk angin? Tidak. Karena apa bedanya dengan memandikannya? Malah, cuci rambut disarankan bagi bayi yang sering mengeluarkan keringat. Shampoo bayi akan membersihkan sel kulit mati (lapisan luar) yang terkelupas. Nah, sel kulit mati ini nanti akan digantikan oleh sel-sel kulit yang terdapat di lapisan dalam kulit kepala. Jika anda ragu atau takut mencuci rambutnya, maka sel-sel kulit mati itu akan menumpuk di kulit kepalanya. Wah… tak sedap dipandang mata, bukan ? 



Kegiatan mencuci rambut dapat anda lakukan saat memandikan bayi. Jika sikecil sudah mulai belajar duduk (sekitar usia 7 bulan) tentu kegiatan ini lebih mudah. Ia bisa dimandikan dan dicuci rambutnya sambil duduk di bath tub atau ember yang diletakan dilantai (jangan di atas baby tafel atau meja, karena bisa terguling). Asal anda taucuci rambut juga bisa menjadi acara yang menyenangkan, karena dapat dilakukan sambil bermain. Ingat, sebelum mandi sediakan terlebih dahulu piranti mandinya, yaitu:



» Ember atau bak mandi

» Washlap, terutama bila bayi baru berusia beberapa minggu. Untuk anak yang lebih besar washlap ini berguna bila anak tidak suka diguyur air. 
» Shampoo bayi yang tidak pedih dimata. shampoo orang dewasa mengandung deterjen yang kerjanya lebih aktif dan membuat pedih di mata. Jika tidak ada shampoo, bisa digunakan sabun bayi. 
» Topi mandi ini berguna agar busa shampoo dan air bilas tidak jatuh kemata. Biasnya digunakan untuk anak yang lebih besar. 
» Handuk. 


Untuk mencuci rambut bayi kecil ikuti saja langkah berikut:



» Sangga punggung sikecil dengan tangan kiri, sementara telapak tangan kanan anda menyangga tubuhnya bagian bawah. 

» Perlahan–lahan letakan pantat bayi di dalam ember berisi air hangat yang telah disiapkan sebelumnya. 
» Dengan tangan kanan, basahi rambut bayi, lalu tuangkan sedikit shampoo ke tangan kiri yang tetap menyangga punggung bayi
» Setelah tangan kananmeletakknan botol shampoo, sangga tubuh bayi (tetap dengan tangan kanan) mulai dari bagian belakang kepala sampai leher, sementara tangan kiri menggosok rambut bayi dengan tangan kiridan tangan kanan membilas kepalanya sampai bersih. 
Setelah mandi, jangan lupa menyisir rambut sikecil. Ini bukan Cuma untuk kerapihan, tapi bermanfaat bagi kesehatan rambut anak. rambut yang disisir akan terhindar dari kekusutan dan kerontokan, sekaligus mengangkat kotoran pada rambut. Demikian tips merawat rambut sikecil agar tetap sehat dan wangi semoga bunda dirumah bisa mencobanya.



 

Most Reading