Tips belibur saat hamil


Tak ada alasan menunda liburan selama kehamilan anda sehat. Tetapi kadang kehamilan anda mengganggu perjalan anda. Asal perhatikan beberapa hal berikut :
Sebelum berangkat:

*Setelah dokter menyatakan kehamilan anda sehat dan aman untuk berpergian, mintalah rekomendasi alamat dokter atau rumah sakit yang dapat dihubungi di tempat tujuan.

*Saat berpergian yang nyaman adalah ketika kehamilan di usia trimester kedua. Pada saat ini rasa mual mulai hilang dan janin sudah tertanam kuat di dinding rahim.

*Jika berpergian keluar kota, bawa buku riwayat kesehatan anda. Keterangan dalam buku tersebut dapat membantu dokter setempat melakukan tindakan yang tepat untuk menolong anda.

*Jangan lupa bawa vitamin atau obat-obatan yang biasa anda perlukan. Jika anda sering mabuk dalam perjalanan, mintalah obat anti mabuk yang aman bagi ibu hamil pada dokter.

*Bawalah baju dan sepatu yang nyaman dipakai, serta sesuaikan dengan tujuan dan perjalanan anda, apakah ketempat yang suhunya dingin atau panas.
Selama diperjalanan

*Kata kunci dalam sebuah perjalanan panjang adalah, jangan duduk terlama dalam satu posisi. Karena, peredaran darah akan terhambat dan anda akan merasa kaku atau pegal-pegal. Jadi, ubahlah posisi anda setiap dua atau tiga jam. Caranya:
-Jika naik kereta api, anda bisa berdiri sekitar tempat duduk atau berjalan sepanjang gerbong sambil berpegangan pada deretan tempat duduk.
-Jika naik pesawat terbang, pilih kursi yang berada di tepi gang, sehingga memudahkan anda mondar-mandir, termasuk ke kamar kecil.
-Jika naik mobil sendiri, mintalah untuk sering berhenti. Sempatkan untuk beristirahat dengan berjalan-jalan di sekeliling mobil sekitar 10 menit.

*Sering-seringlah minum agar tubuh tidak dehidrasi (kekurangan cairan ). Jadi, jangan lupa bawa minum dan makanan kecil dalam jumlah yang cukup.

*Jika naik mobil, jangan lupa kenakan sabuk pengaman. Jika anda duduk di depan, mundurkan kursi agar tersedia tempat longgar antara kursi dan dash bord.
Di tempat tujuan

*Jika berlibur di pantai, biasanya anda tak menemui lingkungan atau medan yang sulit, sehingga bisa menikmati suasana liburan bersama keluarga.

*Jika berlibur ke pegunungan pilih aktivitas yang tidakterlalu melelahkan. Kalau anggota keluarga lain memilih hiking, sebaiknya anda berjalan-jalan saja disekitar penginapan.

*Jika di tempat tujuan tidak tersedia jajanan yang cukup aman bagi anda, tahan dulu keinginan untu jajan sembarangan. Untuk sementara makan saja bekal yang anda bawa dari rumah.

*Jika anda merasa ada suatu kelainan dalam kehamilan anda, misalnya terjadi perdarahan atau janin yang biasanya bergerak tiba-tiba tak terasa gerakanya selama beberapa jam, segera hubungi dokter atau rumah sakit yang sudah direkomendasikan, demgan membawa riwayat kesehatan anda.

Nah, dengan perencanaan yang matang, liburan anda akan terasa lebih nyaman dan menyenangkan. Selamat berlibur semoga selamat sampai tujuan.



 

Most Reading