Tips terbang bersama sikecil


Sedikit repot, tak masalah persiapan dan kesabaran membuat penerbangan ini menjadi kenangan manis anda bersama sikecil. Bayi nan mungil itu kelihatannya memang renta diajak berpergian, apalagi naik pesawat. Padahal untuk perjalanan jarak sedang dan jauh, naik pesawat justru lebih nyaman karena lebih cepat dan baby friendly. Satu hal yangh diingat adalah, masing-masing maskapai penerbangan memiliki kebijakan berbeda terhadap penumpang bayi. Dari urusan harga tiket, hingga fasilitas untuk bayi selama dalam pesawat. Karena itu, sebelum memesan tiket, cermati dengan seksama, fasilitas apa saja yang bisa anda dan sikecil peroleh. Bila sudah memutuskan maskapai penerbangan mana yang akan digunakan, hal-hal berikut sebaiknya tak luput dari perhatian anda.
Sebelum berangkat
  • Lakukan pemeriksaan kesehatan bayi. Kalau dokter menyatakan kondisinya oke, tentu anda pun akan tenang membawanya.
  • Cek harga tiket. Ada maskapai penerbangan yang membebaskan bayi dibawah usia 24 bulan dari biaya tiket, dan ada tang menentukan 10 % dari harga tiket dewasa.
  • Fasilitas untuk bayi. Untuk penerbangan internasional dan dalam waktu yang cukup lama, anda bisa menanyakan fasilitas bayi apa saja yang mereka sediakan. Misalkan , apakah maskapai penerbangan menyediakan keranjang bayi (bassinet). Bila fasilitas ini ada,pesan tempat duduk di dekat bassinet. Lalu, seandainya mereka tidak menyediakan makanan bayi, tanyakan apakah mereka mengijinkan anda membawa/membuatnya dalam pesawat.
  • Pilih tempat duduk diarea non-smoking dan dekat peyekat karena ruangnya lebih luas. Biasanya area ini juga merupakan tempat bassinet.
  • Siapkan perlengkapan bayi di pesawat dalam tas terpisah. Meski penerbangan internasional biasanya menyediakan keperluan bayi, sebaiknya tetap membawa sendiri keperluan khusus bayi anda, seperti: diaper, pakaian ganti, baju hangat, obat-obatan pribadi, dan sebagainya. Untuk jaga-jaga bila terjadi musibah, sertakan juga foto terakhir bayi anda dan nama dokternya.
  • Datanglah ke bandara jauh sebelum waktunya boarding. Ini membuat anda leluasa mengurus segala sesuatunya.
  • Masuk pesawat lebih dulu saat boarding. Dengan demikian, kabin pesawat belum penuh sehingga anda bisa leluasa masuk dan bayi anda pun merasa nyaman. Sebaliknya, saat keluar pesawat, biarkan penumpang lain keluar lebih dulu.

Saat di pesawat
  • Saat pesawat lepas landas dan mendarat, baik anda maupun bayi anda yang berada dalam pangkuan, akan menggunakan sabuk pengaman sendiri-sendiri. Mintalah bantuan pramugari untuk memasangkannya.
  • Ketika pesawat lepas landas dan mendarat, akan terjadi perubahan tekanan udara dalam kabin yang sering membuat telinga terasa tidak nyaman. Usahakan menyusui bayi pada saat-saat ini. kegiatan menelan akan membuat bayi merasa lebih nyaman.
  • Selama penerbangan, ajak bayi bermain. Selain dengan alat permainannya, ciptakan mainan dengan suara, tatapan mata dan gerakan jari tangan anda sendiri. Kalau memungkinkan, bawa bayi berjalan-jalan agar pemandangannya berbeda.
  • Alternatif lain, jadwalkan penerbangan anda bersamaan dengan tidur bayi. Jadi, selama perjalanan ia akan lebih banyak tertidur.

Nah,selamat terbang bersama bayi anda. Semoga selamat sampai tujuan

 

Most Reading