Cara mencegah anak kejang


Cara mencegah anak kejang melalui bentuk perawatan terhadap anak agar kejang tidak menimbulkan efek negatif bagi anak, cara mencegah anak kejang dengan menggunakan bahan alami dan melakukan tindakan yang tepat pada anak. Kejang pada anak dapat terjadi karena pengaruh dari tingginya suhu tubuh. Meningginya suhu tubuh yang dapat mengakibatkan kejang biasanya akan berlanjut kepada kondisi kesehatan yang lain seperti terganggunya saraf yang terdapat pada otak. Untuk itu sebaiknya lakukan tindakan yang tepat ketika anak anda mengalami kejang. Dan yang harus anda perhatikan adalah sebaiknya jangan melakukan penanganan dalam kondisi panik.

Jangan sampai menyepelekan kejang pada bayi, dikarenakan kejang pada bayi dapat menyebabkan fatal yakni dapat merusak saraf otak permanen yang dapat menyebabkan keterbelakangan mental pada bayi. pemicu kejang pada bayi yaitu terganggunya konsumsi oksigen pada saraf otak hingga berlangsung tidak seimbangan kontraksi otot. mencegah bayi kejang bisa dikerjakan dengan : 


  • saat berlangsung kenaikan suhu bayi maka ibu sebaiknya segera mengompres dahi, ketiak serta leher bayi. janganlah mengompres dengan lap dingin dikarenakan dapat berlangsung perlawanan suhu dari tubuh bayi. kompreslah dengan air hangat. ibu juga bisa mengompres bayi dengan obat tradisional layaknya daun sirih merah atau daun sambiloto. 
  • Hindari menyelimuti bayi yang terlalu rapat, hal ini bertujuan agar hawa panas pada tubuh dapat keluar dengan lebih mudah.
  • Anda dapat melumuri tubuh bayi dengan resep tradisional seperti memberikannya lumuran bawang merah yang dicampurkan dengan minyak telon untuk menurunkan demam pada bayi anda.
  • Lakukanlah pemeriksaan terhadap suhu anak anda, jika suhu tubuh berada diatas 38⁰C sebaiknya segera bawa anak anda ke dokter.
  • Hindari pemberian obat sembarangan pada anak yang demam ataupun sedang kejang ini. pemberian obat-obatan berbahan kimia tanpa resep dokter dikhawatirkan akan memicu masalah lain bagi kesehatan anak anda dan bisa juga berakibat fatal bagi anak.
  • Aturlah pernafasan bayi dengan cara meninggikan bantal. 
  • Posisikanlah bayi dalam keadaan miring hal ini dilakukan untuk memudahkan bayi yang mengeluarkan cairan dari dalam mulut.
  • Jangan sampai memberikan minuman atau apa pun ketika bayi mengalami kejang karenamemberikan makan ataupun minum disaat kejang terjadi dapat menimbulkan bayi mengalami tersedak.
  • Lakukanlah pemberian aroma yang menyengat pada hidung untuk memicu kesadaran pada anak anda dan terbebas dari kejang.
  • Apabila kejang berkelanjutan hingga lebih dari 10 menit sebaiknya cepat membawa anak ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tidak anda inginkan dan tentunya dapat tertanggulangi dengan baik dan benar.

 

Most Reading