Menjaga kekebalan tubuh pada balita


Cara menjaga kekebalan tubuh pada balita dengan melakukan beberapa langkah mudah dan tepat, cara menjaga kekebalan tubuh pada balita agar tidak mudah terserang penyakit. Balita tentunya akan dengan sangat mudahnya terserang penyakit, hal ini disebabkan masih belum kuatnya sistem kekebalan tubuh yang terdapat pada balita. Sebagai orang tua, sebaiknya anda harus lebih memahami dan mengetahui cara yang tepat untuk dilakukan agar sistem kekebalan tubuh pada anak anda berkembang dengan baik dan tentunya agar anak tetap terjaga kesehatannya serta tidak mudah terserang penyakit.

Balita tentunya akan mudah sekali terpapar oleh bakteri berbahaya bahkan virus disaat bersentuhan dengan benda-benda seperti mainan atau bahkan ketika balita anda mulai merangkak dilantai. Hal ini tentunya semakin mempermudah virus atau kuman sumber penyakit dapat dengan mudahnya menyerang balita anda. Namun untungnya, dengan kuatnya sistem kekebalan tubuh pada anak anda yang tetap terjaga hal ini dapat dihindari dimana sekelompok antibodi yang terdapat dalam sistem kekebalan tubuh balita mampu mencegah virus dan bakteri penyebab penyakit tersebut masuk kedalam tubuh.

Beberapa cara yang perlu anda lakukan dalam meningkatkan serta menjaga sistem kekebalan tubuh terhadap balita anda adalah;

Selalu memberikan ASI eksklusif pada balita, kandungan ASI merupakan sumber antibodi terbaik dan terbanyak dibandingkan dengan susu formula maupun susu tambahan lainnya. Dengan bertambah banyaknya antibodi tersebut tentunya mampu menjaga daya tahan tubuh balita dan terhindar dari serangan penyakit.

Cukupi waktu istirahat balita anda setiap hari, sebaiknya waktu tidur yang baik bagi balita yang masih berumur dibawah 6 bulan diperlukan sekurangnya 20 jam dalam sehari. Dan bagi balita diatas 6 bulan tersebut membutuhkan sekurangnya 13 jam waktu tidur. Mencukupi waktu tidur bagi anak tentunya akan membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat lagi.

Sebaiknya anda tidak terlalu berlebihan dalam menjaga kebersihan anak, yang artinya dengan melindungi anak dari bakteri anda dengan mudahnya menggunakan produk anti bakteri pada apa saja yang berkaitan dengan anak. Penggunaan bahan antibakteri dikhawatirkan akan membunuh juga bakteri baik yang seharuhnya berfungsi sebagai antibodi dalam menjaga ketahanan tubuh.

Berikanlah Vaksinasi bagi balita anda, dengan pemberian vaksinasi tentunya akan menambah sistem kekebalan tubuh terhadap beberapa jenis penyakit yang akan muncul dikemudian hari. Pemberian vaksin ini bertujuan untuk memberikan antibodi yang tidak mampu diproduksi oleh tubuh itu sendiri dalam menangkal serangan penyakit.

Berikanlah makanan sehat, cukupi segala asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak anda untuk membantu dalam pertumbuhannya dan juga menghasilkan sistem kekebalan tubuhnya. Makanan yang tinggi akan vitamin C tentunya baik sekali dalam menambah sistem kekebalan tubuh. Untuk tumbuh dan berkembangnya anak cukupi pula asupan akan protein dan karbohidrat kompleks. Dimana pemberian protein dan karbohidrat kompleks ini mampu mempertahankan sistem kekebalan tubuh lebih kuat lagi dari serangan penyakit.

Hindari anak dari asap rokok, ribuan bahan kimia yang terdapat pada rokok ini ternyata mampu mengikis sistem kekebalan tubuh anak secara perlahan. Dengan melemahnya sistem kekebalan tubuh akibat asap rokok yang terhirup tentunya anak menjadi lebih rentan terhadap gangguan penyakit dikarenakan sistem kekebalan tubuh anak menjadi lemah dan berkurang.

 

Most Reading