Cara mencegah batuk pada bayi

Cara mencegah batuk pada bayi melalui langkah sederhana yang dilakukan dalam melakukan perawatan terhadap bayi, cara mencegah batuk pada bayi ini perlu anda lakukan mengingat kondisi bayi yang masih sangat rentan terhadap serangan berbagai macam jenis penyakit seperti batuk. Mendapati sang buah hati mengalami batuk tentunya menimbulkan kekhawatiran bagi orang tua. Disamping perlu menjaga dari hal-hal yang menyebabkan batuk ini tentunya bagi para orang tua juga perlu mewaspadai akan hal-hal yang dapat menyebabkan batuk pada bayi.

Batuk bukanlah jenis penyakit yang dapat anda biarkan begitu saja, penyebarannya yang tergolong cepat ini tentunya haruslah anda waspadai agar buah hati tidak mudah tertular karena batuk. Batuk tentunya akan sangat menyiksa sekali jika anda alami, bagaimana jika batuk juga menyerang buah hati anda? tentunya hal ini dapat menjadikan buah hati menjadi rewel dan tentunya waktu istirahatnya merasa terganggu karena mengalami batuk.

Penyebab dari batuk itu sendiri pada umumnya ditularkan melalui virus yang dapat menyebabkan batuk. Dimana virus pernafasan ini tentunya menyebar dengan cepat dan dengan mudahnya karena proses penyebaran virus batuk ini dapat terjadi melalui udara. Sebelum anda mengobati alangkah baiknya jika anda mencegah serta menghindari penyakit batuk ini pada bayi karena mencegah tentunya lebih baik dari pada mengobati.

Berikut ini terdapat beberapa cara mencegah batuk pada bayi yang perlu anda perhatikan dalam merawat dan menjaga kondisi kesehatan bayi anda.

Berikanlah ASI ekslusif bagi bayi anda, disamping dengan memberikan ASI eksklusif ini mampu menambah daya tahan tubuh dari gangguan kesehatan ternyata mampu pula mencegah terjadinya infeksi pada saluran pernafasan yang diakibatkan oleh virus.

Dalam keadaan sehari-hari sebaiknya para ibu memperhatikan pola makan yanag sehat serta memiliki kandungan gizi yang mencukupi. Hal ini bertujuan agar segala asupan nutrisi yang dikonsumsi bagi ibu menyusui dapat diberikan kepada bayi melalui ASI.

Hindarilah pemberian antibiotik pada bayi anda, walaupun maksud anda baik dengan memberikan antibiotik diharapkan si bayi akan menjadi lebih kebal terhadap gangguan serangan penyakit. Namun anggapan ini salah, pemberian anti biotik pada bayi akan menyebabkan daya tahan tubuh bayi menjadi menurun.

Untuk membantu menambah daya tahan tubuh bayi sebaiknya bayi anda diberikan asupan makanan yang memilki kandungan gizi yang cukup tinggi. Dengan memberikan makanan yang memilki kandungan gizi yang tinggi tentunya akan secara langsung dapat menambah sistem kekebalan tubuh bayi.

Usahakanlah selalu menjaga kebersihan dan menghilangkan semua debu ataupun kotoran yang melekat pada barang-barang rumah tangga ataupun pada barang-barang yang biasa dekat dengan bayi anda.

Hal mencegah batuk pada bayi ini sebaiknya anda lakukan sejak dini serta menjadi tanggap akan suatu kondisi bayi agar bayi anda tidak akan rewel ketika tubuhnya diserang penyakit yang mengganggu waktu istirahatnya.

 

Most Reading