Cara aman memandikan bayi

Cara aman memandikan bayi yang perlu bunda ketahui agar dalam memandikan bayi tidak terjadi kesalahan, cara aman memandikan bayi ini penting dan perlu untuk anda ketahui dimana dalam melakukan cara aman memandikan bayi ini akan menjadikan bayi merasa nyaman ketika sedang mandi. Proses terjadinya interaksi batin antara bayi dan ibu bisa terjalin ketika memandikan bayi, dimana pada saat memandikan bayi ini tentunya anda dapat memberikan perhatian yang lebih serta mencurahkan rasa kasih sayang terhadap buah hati.

Dalam memandikan bayi tentunya dibutuhkan kehati-hatian serta ketelitian diwaktu mengerjakannya. Memperhatikan cara aman memandikan bayi ini tentunya akan lebih menjadikan bayi anda merasa nyaman dan tidak menyebabkan bayi merasa takut terkena air. Berikut ini beberapa cara aman memandikan bayi yang perlu anda ketahui.

Selalu sediakan perlengkapan mandi bayi terlebih dahulu dan meletakannya dalam kamar mandi dan mudah dijangkau. Hal ini bertujuan agar dalam memandikan bayi anda tidak perlu meninggalkan bayi dalam air yang dapat membahayakan atau bahkan menyebabkan bayi kedinginan karena anda tinggalkan sesaat untuk mengambil keperluan bayi.

Aturlah suhu ruangan dalam kamar mandi agar tidak terlalu dingin, walaupun bayi anda mandi dengan menggunakan air hangat namun suhu ruangan juga penting untuk anda perhatikan. Dalam suhu ruangan yang terlalu dingin tentunya akan mempengaruhi suhu air yang digunakan, jika udara dalam ruangan kamar mandi lebih dingin tentunya bayi andapun akan merasa kedinginan walaupun mandi dengan air hangat serta dilakukan dalam waktu yang sebentar.

Perhatikanlah cara aman memandikan bayi dengan mencegah masuknya atau mengalirnya air kedalam telinga, mata serta mulut bayi anda. Lakukan cara memandikan bayi dengan penuh ketelitian dan ketelatenan.

Jika pada saat memandikan bayi namun buah hati selalu banyak bergerak dan anda khawatir akan masuknya air kedalam telinga ataupun mata, sebaiknya berikanlah mainan untuk menemaninya ketika sedang mandi. Hal ini tentunya menjadikan bayi anda berfokus pada mainan yang dipegangnya dan bayipun akan lebih sedikit bergerak ketika anda memandikannya.

Hindari meletakan bayi anda pada bathtub yang masih dalam keadaan mengisinya, hal ini tentunya menghindari terlalu banyaknya volume air dalam bathtub tersebut. Disamping itupula dengan mengisi bathtub sambil melakukan proses memandikan bayi tentunya akan berubahnya suhu air dalam bathtub tersebut.

Dalam melakukan cara aman memandikan bayi dengan menggunakan bathtub ataupun bak mandi bayi, sebaiknya gunakan alas pada bathtub tersebut untuk mencegah terpelesetnya bayi yang pada umumnya bathtub sangat licin permukaannya. Melapisi atau menggunakan alas kaki karet pada permukaan dasar bathtub perlu anda lakukan dalam proses memandikan bayi secara aman.

Buatlah suhu air dalam suhu yang tepat yaitu sekitar 36 hingga 37 derajat celcius, isi bathtub dengan air hangat tersebut sesuai dengan kebutuhan dan hindari mengisinya terlalu penuh. Jadi isilah bathtub sebatas dada bayi anda ketika duduk, karena proses memandikan bayi yang aman adalah memposisikannya dalam posisi duduk.

Dalam menggunakan produk untuk bayi ketika mandi sebaiknya disesuaikan benar dengan kondisi kulit bayi anda. Pilihlah produk yang benar-benar lembut sehingga tidak menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit bayi anda. Lakukanlah proses pencucian rambut dengan shampoo dengan hati-hati, begitu pula disaat anda menggunakan sabun mandi untuk bayi.

Dalam melakukan cara aman memandikan bayi ini tentunya tidak sulit untuk anda lakukan, seiring dengan waktu tentunya perlahan-lahan akan membuat anda menjadi lebih hati-hati lagi dalam memandikan bayi.

 

Most Reading