Cara mengatasi cegukan pada bayi

Cara mengatasi cegukan pada bayi yang dapat anda lakukan ketika bayi cegukan, cara mengatasi cegukan pada bayi ini perlu anda perhatikan agar tidak muncul rasa khawatir bahkan panik ketika bayi anda mengalami cegukan. Beberapa cara mudah mengatasi cegukan pada bayi ini tentunya dapat segera anda lakukan agar bayi merasa nyaman kembali.

Cegukan dapat terjadi karena terdapatnya kejang pada otot kecil, dimana kejang berskala ringan yang terjadi pada area sekitar perut ini dapat mempengaruhi keluarnya udara melalui tenggorokan. Dimana ketika bernafas udara yang mengalir mengalami kejutan akibat adanya otot yang mengejang tersebut sehingga biasa disebut dengan cegukan.

Bagi orang dewasa tentunya tidaklah terlalu sulit untuk mengatasi cegukan ini, mencoba menahan nafas selama beberapa saat dapat dilakukan untuk mengatasi cegukan bagi orang dewasa. Namun cara ini tentunya tidaklah tepat untuk diberikan kepada bayi anda, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi cegukan pada bayi.

Gantilah posisi menyusui bayi anda, posisi menyusui juga dapat mempengaruhi cegukan terjadi. Dimana bayi dapat mengalami cegukan secara tidak sengaja dimana udara yang masuk berbarengan dengan asi yang ditelannya. Dengan mengganti posisi menyusui anda tentunya dapat menekan atau membatasi udara yang masuk ketika bayi anda menyusu.

Buatlah bayi anda bersendawa setelah selesai menyusu ataupun makan, dengan membuat bayi bersendawa tentunya dapat mempermudah udara yang sebelumnya tertahan ketika bayi anda menyusu. Lakukan cara membuat bayi bersendawa dengan memposisikan bayi anda lalu sandarkan pada bahu anda sambil menepuk punggung bayi secara perlahan. Cara ini dapat membuat bayi bersendawa sehingga bayi tidak mengalami cegukan.

Lakukan pijatan pada punggung bayi secara perlahan juga mampu mengatasi cegukan pada bayi. Dengan memijatnya secara perlahan tentunya akan memperlancar peredaran darah dan sirkulasi udara yang keluar maupun masuk sehingga bayi tidak akan mengalami cegukan.

Jadwalkanlah makan secara teratur bagi bayi anda, dengan menjaga makan tetap teratur tentunya bayi anda tidak akan mengalami kekosongan perut yang dapat mengakibtakan cegukan karena banyaknya udara pada perut bayi anda. Dalam kondisi perut kosong juga dapat memicu cegukan, dimana mual yang diakibatkan karena perut yang lapar juga dapat membuat bayi anda cegukan.

Hindari pemberian makanan ataupun asi disaat bayi anda mengalami cegukan, hal ini bertujuan agar bayi tidak tersedak karena makanan ataupun susu. Sebaiknya hilangkanlah terlebih dahulu cegukan yang diderita bayi anda barulah memberikan makanan ataupun susu ketika bayi sudah merasa nyaman dan cegukan sudah hilang.

Cara mengatasi cegukan pada bayi ini sebaiknya anda lakukan secepatnya, biasanya kondisi bayi yang mengalami cegukan akan lebih rewel karena bayi merasa tidak nyaman ketika mengalami cegukan.

 

Most Reading