Tips memilih mainan bagi anak

Tips memilih mainan yang tepat bagi anak sesuai dengan usia anak, dalam tips memilih mainan bagi anak yang tepat untuk melatih perkembangan motorik anak. Dalam memilih mainan bagi anak tentunya bukan hanya diberikan mainan yang hanya membuat anak senang, namun sebaiknya dalam memilih mainan yang tepat bagi anak adalah perlu diperhatikan apakah dengan mainan tersebut si anak dapat terlatih kemampuan otaknya atau dapat membantu perkembangan dari motorik si anak tersebut.

Dalam memilih jenis mainan yang tepat bagi anak dalam meningkatkan ataupun mengasah kemampuan anak tentunya merupakan yang mesti kita berikan bagi anak. Dimana pada masa kanak-kanak tentunya bermain menjadi kegiatan yang paling banyak dilakukan oleh buah hati. Bagi orang tua, pada saat bermain si anak ternyata dapat pula kita berikan pendidikan untuk anak. Dimana pada saat bermain tersebut tentunya kemampuan motorik dasar si anak akan terus terasah setiap hari.

Dalam meltaih kecerdasan otak anak pun dapat dilakukan dengan memilih mainan yang tepat bagi anak. Melalui media mainan tersebut tentunya akan lebih mudah bagi orang tua dalam menyampaikan pendidikan ataupun pengetahuan dasar sejak dini bagi anak. 

Pada tips memilih mainan bagi anak disini akan dikategorikan berdasarkan tahapan usia anak, dimana pada masing-masing tahapan tersebut tentunya menjadi berbeda akan kebutuhan perkembangan otak anak.

Tahap 0 hingga 2 tahun, pada masa ini anak akan lebih tepat diberikan mainan yang melatih kemampuan motorik. Dimana jenis mainan yang memiliki warna yang cerah dapat memikat mata anak anda dalam bermain menggunakan mainan tersebut. Menggerakan ataupun menggapai mainan tersebut tentunya secara tidak langsung akan melatih otak untuk menggerakan tangan anak anda yang akan melatih perkembangan motorik anak.

Tahap 3 sampai 6 tahun, pada tahapan ini si anak akan lebih berkembang lagi permainannya. Dengan meningkatnya daya tangkap otak sehingga si anak akan lebih merasa bereksplorasi terhadap beberapa hal seperti berpetualang. 

Tahap pra sekolah, dimasa ini tentunya memilih jenis mainan yang mampu meningkatkan rasa kerjasama menjadi jenis mainan yang tepat untuk anda berikan. Dengan memberikan jenis mainan yang dapat melatih si anak bekerja sama tentunya menjadi sebuah modal agar anak dimasa sekolah nanti tidak akan merasa canggung menghadapi teman-teman disekolah dan dapat melatih kerjasama dengan temannya atau lebih tepatnya dapat memberikan bekal bersosialisasi bagi anak dikemudian hari.

Dalam memberikan mainan bagi anak sebaiknya dipertimbangkan terlebih dahulu akan jenis mainan yang tepat dan sesuai dengan usia anak agar mainan tersebut lebih dapat bermanfaat bagi si anak dalam tumbuh dan berkembang menyongsong hari esok.

 

Most Reading