Cara Merawat Kulit Bayi

Cara merawat kulit bayi yang perlu anda ketahui dalam melakukan perawatan yang tepat terhadap kulit bayi, cara merawat kulit bayi yang membutuhkan perhatian khusus dimana kondisi kulit bayi terutama bagi bayi yang basru dilahirkan tentunya memiliki karakter kulit yang berbeda tidak seperti kulit pada umumnya. Cara merawat kulit bayi ini tentunya amat dibutuhkan karena bagi bayi yang baru dilahirkan belum memiliki kulit yanng sempurna.

Faktor yang dapat merusak kulit bayi jika tidak dijaga dan dirawatnya tentunya dapat mengganggu pembentukan dari kulit bayi anda. Dimana faktor seperti lingkungan ataupun udara disekitar anda tinggal sampai faktor hormonal yang diturunkan oleh orang tua tentunya dapat mempengaruhi perkembangan dari kulit bayi tersebut.

Cara merawat kulit bayi yang perlu anda lakukan dalam melakukan perawatan harian terhadap bayi agar terhindar dari masalah kulit yang amat sensitif bagi bayi adalah;

Menghindari penggunaan bedak bayi maupun bedak talk, walaupun produk tersebut diperuntukan bagi bayi namun penggunaan bedak bayi tersebut tentunya dapat mengakibatkan gangguan bagi kulit bayi. Dimana campuran ataupun bahan-bahan yang digunakan pada bedak bayi tersebut tentunya tak lepas dari penggunaan beberapa bahan kimia yang mampu bereaksi pada kulit bayi yang sensitif. Untuk menghindari terjadinya iritasi yang dapat diakibatkan oleh penggunaan bedak bayi ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu melalui dokter anak ataupun bidan akan produk apa yang sekiranya cocok dan aman untuk digunakan dalam melakukan perawatan terhadap kulit bayi anda.

Untuk mengatasi maupun mencegah parahnya iritasi pada kulit bayi sebaiknya kenali terlebih dahulu akan penyebab maupun gejala yang ditimbulkan karena iritasi tersebut. Iritasi yang terjadi pada kulit bayi dapat terjadi karena beberapa hal seperti terkontaminasinya kulit terhadap kuman disekitar bayi anda. Agar mendapatkan penanganan yang lebih intensif konsultasikan hal ini melalui dokter anak agar dapat diberikan pertolongan bagi bayi.

Untuk mengatasi kekeringan pada kulit bayi sebaiknya cukup gunakan baby oil yang mampu melembabkan kulit bayi anda yang sangat sensitif tersebut. 

Bagi bayi yang mengalami iritasi yang diakibatkan oleh popok yang biasanya muncul ruam pada daerah tersebut, sebaiknya gunakan salep kulit yang aman bagi bayi anda. Penggunaan salep yang memiliki kandungan zinc oxide mampu mengatasi gatal ataupun ruam pada kulit yang diakibatkan oleh kotoran bayi.

Bagi bayi yang memiliki jenis kulit yang cenderung kering, sebaiknya gunakan lotion yang memang dikhususkan bagi bayi serta yang aman digunakan. Jika memang terjadi reaksi pada kulit seperti memerah ataupun menimbulkan gatal sebaiknya hindari penggunaan produk tersebut sejak dini agar masalah pada kulit bayi tidak berkepanjangan.

Dalam melakukan cara merawat kulit bayi tentunya diperlakukan dengan lebih teliti lagi, hindari menggunakan produk atas dasar saran dari oleng lain yang belum tentu berdampak sama bagi bayi anda. Hal yang bijak adalah dengan  mengenali lebih jauh lagi akan jenis kulit yang dimiliki oleh bayi anda. Jangan pernah merasa enggan untuk berkonsultasi dengan dokter anak mengenai masalah kulit yang dialami oleh buah hati. Mintalah saran kepada dokter anak ketika anda hendak menggunakan suatu produk yang diperuntukan untuk menjaga dan merawat kulit bayi anda.

 

Most Reading