Cara melatih bayi bicara

Cara melatih bayi bicara melalui kegiatan yang dapat anda lakukang sambil mengenalkan dan mengajarkan bayi bicara, cara melatih bayi bicara tentunya dapat dengan mudah anda lakukan karena dilakukan sambil mengerjakan hal-hal yang biasa anda kerjakan sehari-hari. Melatih bayi berbicara sebaiknya diajarkan sejak dini agar kemampuan bicara anak tidak terhambat dikemudian hari.

Dalam melakukan cara melatih bayi bicara ini tentunya anda harus meyakinkan diri anda terlebih dahulu agar tidak terlalu memaksakan mengingat usia dari bayi anda. Melatih bayi bicara diharapkan akan meningkatkan kemampuan anak berkomunikasi dikemudian hari. Berikut ini beberapa cara melatih bayi bicara yang dapat anda lakukan dirumah.

Walaupun bayi belum mengerti apa yang anda ucapkan, sebaiknya ajak bayi anda berbicara layaknya mereka mengerti akan ucapan anda.

Berbicaralah dengan nada yang lembut namun diucapkan secara jelas, sebab bayi lebih menyenangi ucapan yang keluar secara lembut.

Ucapkanlah kalimat ataupun kata-kata yang jelas namun diucapkan secara perlahan dan juga lakukan kontak mata dengan bayi anda ketika anda berbicara.

Ketika melatih bayi anda untuk bicara dengan mendengarkan ucapan kalimat, sebaiknya matikan alat-alat yang mengeluarkan bunyi-bunyian yang dapat menyita perhatian bayi anda sehingga bayi merasa bingung antara bunyi kalimat yang anda ucapkan dengan bunyi suara disekitar anda.

Pilihlah beberapa kalimat yang mudah untuk anda ucapkan, pilihlah beberapa suku kata yang sedikit namun anda tekankan pengucapannya secara jelas.

Cobalah untuk melakukan pertanyaan pada bayi anda, walaupun bayi anda masih belum paham benar akan pertanyaan yang anda berikan paling tidak si bayi akan merespon dengan mengucapkan suara. Ketika bayi anda merespon dengan mengucapkan suara tertentu, hal ini menunjukan bahwa bayi anda sudah mulai bisa diajak komunikasi.

Hindari mengucapkan kata-kata dengan suara yang keras, hal ini akan menyebabkan bayi anda merasa tertekan karena ucapan anda dan biasanya akan semakin sulit bagi bayi untuk diajak berkomunikasi kelak dikemudian hari.

Respon dengan nada riang pada ucapan yang keluar dari bayi anda, walaupun ucapannya tidak jelas paling tidak dengan anda merespon ucapan yang dikeluarkan oleh bayi membuat dirinya merasa dihargai dan si bayi akan merasa ingin mengucapkan kata-kata lainnya.

Dalam melatih bayi bicara anda dapat pula mengenalkan beberapa barang yang biasa dia temukan. Misalnya pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari, mainan, bentuk-bentuk barang lainnya yang sering dijumpai. Ucapkan barang-barang tersebut ketika anda hendak memberikannya pada bayi.

Cara melatih bayi bicara ini tentunya dapat anda latih sejak dini agar kemampuan berbicara anak tidak akan terhambat kelak. Disamping beberapa cara seperti yang telah dikemukakan diatas tentunya masih ada cara lain yang dapat anda lakukan. Yang perlu diingat adalah jangan sampai ada unsur pemaksaan ketika melatih bayi untuk bisa berbicara. Dengan dipaksakan tentunya bayi anda akan merasa tertekan, hal ini dikhawatirkan akan menghambat kemampuan bicara anak anda.

 

Most Reading